Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Social Media Marketing Terhadap Loyalitas Merek Melalui Keputusan Menginap/Membeli (Di Hotel Holiday Inn Kemayoran Jakarta)

  • Rosidah Achmad STIE Pariwisata Internasional
  • Bonifasius MH Nainggolan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pengaruh Electronic word of mouth serta Sosial Media Marketing Terhadap Loyalitas Merek Lewat Keputusan Menginap/ Membeli. Populasi dalam penelitian ini merupakan tamu yang datang ke Hotel Holiday Inn Kemayoran Jakarta. Penelitian ini memakai data primer yang diperoleh dari kuesioner dengan tata cara purposive sampling. Sampel data diperoleh dari 205 responden di Hotel Holiday Inn Kemayoran Jakarta yang sudah melakukan pembelian minimun 2 kali. Untuk menguji hipotesis yang diajukan, penelitian ini memakai pendekatan PLS-SEM( Partial least squares- structural equation modeling). Analisis serta estimasi kuadrat terkecil parsial (PLS) dicoba dalam 2 sesi. Tahap awal merupakan analisis reliabilitas serta validitas, sedangkan sesi kedua merupakan estimasi serta verifikasi koefisien jalur dan daya model struktural. Penelitian ini memakai PLS- SEM dengan memakai aplikasi SmartPLS 3. 2. 9. Penelitian ini memakai metode deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menyatakan bahwa ada ikatan positif langsung antara Social Media marketing dengan Keputusan Menginap/ Membeli, Social Media marketing dengan Loyalitas Merek, Electronic word of mouth dengan Loyalitas Merek serta Loyalitas Merek dengan Keputusan Menginap/ Membeli. Sementara itu, tidak terdapat ikatan positif antara Electronic word of mouth dengan Keputusan Menginap/Membeli.

Diterbitkan
2022-06-23