Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Suasana terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan
Abstrak
Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan suasana terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di Jakarta Restaurant. Populasi nya ialah seluruh pelanggan Jakarta Restaurant yang pernah datang minimal 2 kali. Metode yang dipergunakan pada penelitian yaitu metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuisioner dengan metode purposive sampling. Sampel data diperoleh dari 100 responden yang terdiri dari pelanggan yang pernah berkunjung minimal 2 kali. Metode analisis yang dipergunakan dalam penelitian uji validitas, uji validitas konvergen, uji validitas diskriminan, uji multikolinieritas, uji path coefficient (R2). Model konseptual dianalisis mengunakan PLS-SEM dengan bantuan Smart-PLS 3.2.9. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Suasana berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Suasana berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Dan suasana berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan.