MARKETING STRATEGY OF BANK MUAMALAT INDONESIA
Abstract
Bank yang beroperasi berdasarkan syari’ah Islam, pada saat ini sedang mendapatkan momentum baik di Indonesia. Momentum ini mendorong beberapa bank konvensional juga tertarik untuk mendirikan unit syari’ah. Bank Muamalat Indonesia (BMI) sebagai bank syari’ah pertama di Indonesia sekarang menghadapi kompetisi yang ketat. Penelitian ini bertujuan memilih strategi memenangkan persaingan BMI dengan bank syariah yang baru tumbuh. Sejumlah 108 responden yang merupakan konsumen dari Bank Muamalat Indonesia kantor cabang Yogyakarta menjadi sampel dalam penelitian ini dipilih secara accidental. Metode analisis yang digunakan dengan deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa mereka telah puas dengan pelayanan dari Bank Muamalat Indonesia dalam hal produk, promosi dan harga, serta desain dan lay-out kantor cabang. Namun di sisi lain para responden merasa belum puas dengan terbatasnya sebaran jumlah cabang Bank Muamalat Indonesia di wilayah Yogyarta. Hal ini merupakan bagian dari strategi yang harus dikembangkan memenangkan persaingan dan pangsa pasarnya.